Anime and Coding Daisuki

Membuat Kalkulator Sederhana dengan PHP

Tidak ada komentar
Yoo minna, setelah berhari-hari ga nge-blog karena kesibukan dunia nyata, akhirnya kali ini saya bisa memposting tutorial kembali :D. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial membuat kalkulator sederhana dengan PHP. Langsung saja kita ke TKP. Pertama kita buat dulu file kalkulator.php simpan di folder project masing-masing. Kemudian masukkan kode di bawah ini :


<center>
<form name="kalkulator" action="hasil.php" method="POST">
<table border="0" cellspacing="0" cellpadding="2">
<tr>
<td colspan="3" align="center">
<h3>Kalkulator Sederhana</h3>
<tr><td>
<input type="text" name="num1">
<td>
<select name="fungsi">
<option value="add">Tambah</option>
<option value="sub">Kurang</option>
<option value="mul">Kali</option>
<option value="div">Bagi</option>
</select>
<td>
<input type="text" name="num2">
<td>
<input type="submit" name="submit" value="Eksekusi">
</table>
</form>
</center>

simpan file diatas, coba di running di localhost anda, maka tampilan nya akan seperti ini :


bisa di lihat kode diatas pada baris ada action=”hasil.php” , maka sekarang kita akan membuat file baru bernama hasil.php berikut kode nya :

<center> <?php error_reporting(0) ; $num1 = $_POST['num1'] ; $num2 = $_POST['num2'] ; $func = $_POST['fungsi'] ; $submit = $_POST['submit'] ; if($submit == false){ include ('kalkulator.php') ; } else if ($func == add){ include ('kalkulator.php') ; $num3 = $num1 + $num2 ; echo "<br><br>" ; echo "<b>Hasil</b>:"; echo "<br>"; echo "$num1 + $num2 = $num3"; } else if($func == sub){ include ('kalkulator.php') ; $num3 = $num1 - $num2 ; echo "<br><br>"; echo "<b>Hasil</b>:"; echo "<br>"; echo "$num1 - $num2 = $num3"; } else if($func == mul){ include ('kalkulator.php') ; $num3 = $num1 * $num2 ; echo "<br><br>"; echo "<b>Hasil</b>:"; echo "<br>"; echo "$num1 x $num2 = $num3"; } else if($func == div){ include ('kalkulator.php') ; $num3 = $num1 / $num2 ; echo "<br><br>"; echo "<b>Hasil</b>:"; echo "<br>"; echo "$num1 / $num2 = $num3"; } ; ?> </center>
simpan file tersebut, nah sekarang kita coba di running cobalah melakukan perhitungan dengan memasukkan angka yang anda inginkan maka ketika mengklik eksekusi akan muncul hasil nya di bawah. Kira-kira seperti ini hasilnya :
 


Keterangan value untuk perhitungan :
- Pertambahan, value nya adalah “add”
- Pengurangan, valuenya “sub”
- Perkalian valuenya “mul”
- Pembagian valuenya adalah “div”

Tidak ada komentar :

Posting Komentar